Guru dari Surga


Sesuatu yang baik harus disampaikan dengan cara yang baik pula. Perhatikanlah, betapa banyak sesuatu yang biasa-biasa saja, tapi karena disampaikan dengan cara yang baik, maka ia menjadi sesuatu yang luar biasa.

Dari situlah, saya kira, Mahmud Yunus merumuskan: at-thariqah ahammu min al-maddah (metode lebih penting dari materi). Teori ini akhirnya menjadi jargon pendidikan dunia modern. Bahkan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor menambahkan, wa ruh al-mudarris ahammu minha. Bahwa ruh/jiwa seorang 'guru' lebih penting dari segalanya.

Guru bukan hanya mereka yang mengajar di sekolah/kampus, guru adalah mereka yang dengan tulus mendidik dan mengajar generasi penerus. Kapanpun dan dimanapun. Bahkan, dewasa ini, tidak sedikit 'guru' yang tidak mendidik dan mengajar di sekolah, mereka mendidik dan mengajar dalam setiap lini kehidupan. Justru sebaliknya, sangat banyak diantara kita yang sejatinya bukan 'guru' tapi mengajar di sekolah.

Lembaga pendidikan zaman now banyak yang tidak punya 'guru'. Dan, banyak 'guru' yang tidak diakomodir oleh lembaga pendidikan.

Selamat Hari Guru

25/11/2017